Macet di Sejumlah Titik Imbas Demo Buruh di Kawasan Industri Cikarang

Bekasi – Massa buruh berdemonstrasi di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, pagi ini. Imbasnya, terjadi kemacetan arus lalu lintas di sejumlah titik menjelang lokasi demo.
Kapolres Metro Bekasi Kombes Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan massa demo pada Kamis (23/11/2023) pagi ini tersebar di beberapa titik.

“Demo di titik kumpul masing-masing. Ada yang di MM 2100, ada yang di depan Gobel, EJIP,” kata Twedi dihubungi detikcom, Kamis (23/11/2023).

Total peserta aksi dari keseluruhan demo yang berlangsung di kawasan Cikarang mencapai 1.500 orang. Demo berlangsung berbarengan dengan rapat pleno Disnaker di Pemkab Bekasi terkait penetapan upah minimum kabupaten (UMK).

“Iya, hari ini kan Disnaker Pemda ada rapat pleno, rekan-rekan buruh sementara melakukan orasi,” imbuhnya.

Massa buruh demo menuntut kenaikan UMK Kabupaten Bekasi. Massa saat ini berorasi di beberapa titik demo.


Twedi mengakui demo tersebut berimbas terhadap situasi arus lalu lintas di sekitar lokasi. Kemacetan terjadi karena adanya kumpulan massa.

“Tidak ada pemblokiran, cuma kan namanya massa berkumpul ya, tetapi sudah kita atur supaya tidak mengganggu pengguna masyarakat lainnya,” katanya.

Salah satu titik kemacetan terjadi menjelang Tol Cibitung.

“Iya, Tol Cibitung itu kan nyambung dari MM 2100,” katanya.

Twedi mengimbau pendemo agar melaksanakan unjuk rasa dengan tertib dan tetap menghormati hak-hak pengguna jalan lainnya.

“Kami mengimbau kepada rekan-rekan buruh supaya membantu pengguna jalan, karena masyarakat juga berhak menggunakan jalan, ada yang mau ke rumah sakit, kerja, dan aktivitas lainnya supaya tidak terganggu,” tuturnya.

Twedi menyampaikan pihaknya telah mengerahkan personel untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas di titik-titik demo.

“Sudah ada pengamanan dan kita atur lalin juga supaya tidak menghambat,” katanya.

Hingga berita ini dimuat, demo masih berlangsung. Situasi di lokasi demo kondusif. https://sisipkan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*