Gibran Bilang Investasi di Luar Jawa Capai 53%, Bener Nih?

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa realisasi investasi di luar Pulau Jawa sudah berada di atas dari Pulau Jawa.

Gibran mengatakan bahwa investasi pembangunan di luar Jawa sudah mencapai 53%.

“Sekarang Indonesia sudah mulai pemerataan pembangunan, yang dibangun bukan hanya solo, 53% investasi kita juga sudah ada di luar Jawa. Pembangunan merata tidak hanya di solo loh,” kata Gibran menanggapi pertanyaan dari cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar dalam debat kedua capres-cawapres 2024.

Namun nyatanya, realisasi investasi di luar Jawa masih berada di bawah 53%. Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) per kuartal III-2023, realisasi investasi di luar Jawa mencapai 51,8%.

Adapun rinciannya yakni Sumatra sebesar 18,4%, Bali dan Nusa Tenggara sebesar 4,3%, Kalimantan sebesar 10,6%, Sulawesi sebesar 11,3%, serta Maluku dan Papua sebesar 7,4%.

Meski tidak mencapai 53%, tetapi realisasi investasi di luar Jawa memang sudah berada di atas Jawa yang mencapai 48,2%. https://cekikikan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*