Gibran Janji Tidak Berburu Pajak di ‘Kebun Binatang’ Tapi..

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka berjanji tidak akan menerapkan cara-cara lawas untuk mendongkrak penerimaan dan rasio pajak di Indonesia jika terpilih kelak. Seperti diketahui, dia dan Prabowo Subianto menargetkan rasio pajak meningkat 23%.

“Kita ini tidak ingin berburu di dalam kebun binatang. Kita ingin memperluas kebun binatangnya, kita tanami binatangnya, kita gemukkan,” kata Gibran dalam debat Cawapres, Jumat (22/12/2023).

Artinya, lanjutnya, dia akan membuka dunia usaha baru yang punya bisa melahirkan NPWP baru sebanyak 30%. Dengan demikian, dia berharap melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi.

Dia berjanji UMKM tidak akan dibebani pajak. UMKM dengan omzet Rp 500 juta, pajaknya tetap nol persen.

Adapun, target rasio pajak Gibran mendapat sorotan dari Mahfud MD, cawapres dari Ganjar Pranowo.

Menurut Mahfud, target rasio pajak akan dinaikkan menjadi 23% seperti rencana Prabowo dan Gibran tidak masuk akal karena pertumbuhan ekonomi bisa sampai 10% untuk memenuhi target rasio pajak ke level itu.

“Dalam simulasi kami angka itu hampir tidak masuk akal karena dalam pertumbuhan ekonomi bisa 10%, padahal selama ini pertumbuhan ekonomi 5-6%,” kata Mahfud.

“Itu kalau rasio pajak sampai segitu bisa 10%, lalu bagaimana anda menaikkan pajak, insentif pajak aja orang enggak ambil,” tegasnya. https://perjalananini.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*