Gibran Ungkap Strategi Bebaskan RI dari Negara Kelas Menengah

Jakarta, CNBC Indonesia – Calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka membagikan kunci utama Indonesia jika ingin keluar dari jebakan pendapatan menengah atau middle income trap. Hal ini diungkapkan dirinya dalam pembukaan Debat Kedua Cawapres yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Indonesia ini negara besar, kita harus mampu keluar dari middle income trap. Kita harus mampu menambah nilai tambah ekonomi di tengah konflik geopolitik,” kata Gibran, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi rata-rata 5% tidak cukup. Dia menilai ekonomi yang berkualitas harus didukung dgn penurunan angka pengangguran, angka kemiskinan, penurunan angka Gini rasio, dan angka inflasi yang terkendali.

Kemudian, dia menilai pemerataan pembangunan harus dilanjutkan. “Pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawasentris, kita genjot terus ekonomi kreatif dan umkm,” tegasnya.

Indonesia, kata Gibran, memiliki 64 juta UMKM. Ini menyumbang kontribusi 61% terhadap pertumbuhan ekonomi atau PDB.

Cawapres dari Prabowo ini menilai jika empat langkah ini dipenuhi, dia yakin 19 juta lapangan pekerjaan bisa tercipta.

“Jika empat langkah tadi kita penuhi, insyaallah 19 juta lapangan pekerjaan bisa ada,” tegas Gibran, Jumat (22/12/2023). https://yangterbaik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*