Makin Tajir! Ini Daftar Terbaru 5 Orang Terkaya RI

Jakarta,CNBC Indonesia – Kekayaan konglomerat RI bertambah fantastis sepanjang 2023. Dalam daftar orang terkaya Forbes, harta para taipan melesat 40% tahun ini menjadi US$ 252 miliar (Rp 3.906 triliun) dari semula US$ 180 miliar (Rp 2.790 triliun).

Artinya kekayaan orang paling tajir di RI meningkat Rp 1.116 triliun dalam kurun waktu satu tahun. Alahasil, setengah taipan RI mendapati dirinya lebih kaya dari pada catatan tahun sebelumnya.

Melejitnya kekayaan taipan RI salah satunya ditopang oleh ledakan IPO di pasar modal RI, dengan beberapa yang paling jumbo mencatatkan cuan signifikan. Termasuk di dalamnya adalah Barito Renewables Energy (BREN) milik Prajogo Pangestu dan Amman Mineral Internasional (AMMN) milik kongsi Salim, Agoes Projo dan Keluarga Panigoro.

Berikut adalah 5 orang terkaya RI 2023 versi Forbes

1. Hartono Bersaudara

Meskipun kekayaan gabungan mereka hanya tumbuh sedikit menjadi US$ 48 miliar (Rp 744 triliun), Robert Budi dan Michael Hartono tetap bertahan di posisi pertama.

2. Prajogo Pangestu

Lonjakan paling spektakuler tahun ini terjadi pada perusahaan petrokimia dan energi milik Prajogo Pangestu. Dengan peningkatan kekayaan bersihnya lebih dari delapan kali lipat menjadi US$ 43,7 miliar (Rp 677 triliun)-dari $5,1 miliar pada tahun lalu, Prajogo naik lima tingkat ke posisi No. 2 untuk pertama kalinya. Dua emiten IPO baru miliknya yakni produsen energi panas bumi Barito Renewables Energy dan penambang batu bara Petrindo Jaya Kreasi menjadi primadona pasar modal tahun ini.

3. Low Tuck Kwong

Raja tambang RI Low Tuck Kwong ikut mencatatkan kenaikan harta yang fantastis tahun ini. Harta kekayaannya naik lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 27,2 miliar (Rp 421 triliun) atas kepemilikan di Bayan Resources (BYAN), produsen batu bara terbesar ketiga RI. Meskipun demikian, Low Tuck Kwong merosot ke peringkat 3, dikalahkan oleh meroketnya harta Prajogo.

4. Keluarga Widjaja

Meski tidak mencatatkan pergerakan besar dari sisi bisnis atau manuver di pasar modal, kekayaan keluarga pemilik Grup Sinarmas masih mampu tumbuh tipis menjadi US$ 10,8 miliar (Rp 167 triliun).

5. Keluarga Salim

Anthony Salim dan keluarga merupakan salah satu taipan dengan bisnis paling terdiversifikasi. Bisnisnya melintang dari ritel, konsumer, keuangan, teknologi hingga tambang dan infrastruktur. Kekayaannya tahun ini naik salah satunya dari kesuksesan IPO perusahaan tambang tembaga terbesar nomor dua Amman Mineral Internasional (AMMN). https://ditanggung.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*