Viral Gibran Tanya SGIE ke Cak Imin, Netizen Ingat Jokowi

Jakarta, CNBC Indonesia – Panasnya debat perdana cawapres 2024 tak hanya di JCC, tetapi sampai ke ranah maya. Ada beberapa topik yang membuat netizen heboh terkait adu gagasan Muhaimin Iskandar atau ‘Cak Imin’, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Salah satunya soal pertanyaan Gibran ke Cak Imin soal rencananya dalam meningkatkan SGIE di Indonesia. Sebagai informasi, SGIE merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy.

Adapun SGIE ini bisa menjadi referensi bagi pengembangan ekonomi syariah global. Namun, Cak Imin mulanya tak paham apa itu SGIE dan bertanya kepada Gibran.

“Saya gak paham SGIE apa? Saya tidak pernah mendengar istilah ini,” kata Cak Imin kepada Gibran.

Gibran kemudian menjawab bahwa dari segi SGIE, Indonesia menempati peringkat 10 besar dalam hal makanan halal, skincare, dan fashion halal. Ia pun menanyakan lagi langkah Cak Imin bersama Anies Baswedan dalam memperkuat posisi ini.

“Nah itu yang saya maksud gus (Cak Imin). Mohon maaf kalo pertanyaannya agak sulit ya gus,” pungkas Gibran.

Pantauan CNBC Indonesia, Jumat (22/12/2023), topik SGIE langsung melambung ke jejeran trending di X (dulunya Twitter). Bahkan, topik itu sempat langsung menduduki posisi pertama, sebelum akhirnya digantikan kembali dengan topik ‘Gibran’.

Hingga berita ini dipublikasikan, ‘SGIE’ sudah dibicarakan pada lebih dari 9.000 post. Sementara itu, topik ‘Gibran’ menghimpun 213.000 post.

Banyak netizen yang menyinggung strategi Gibran memberikan pertanyaan dengan istilah sulit ke lawannya merupakan strategi serupa yang dipakai Jokowi dalam debat capres 2019 dan 2014. https://kerasnya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*